Kamis, 20 Desember 2012

Hakekat Membaca

Banyak definisi tentang membaca dikemukakan oleh para ahli. Goodman  menyatakan bahwa membaca merupakan suatu proses dinamis untuk merekonstruksi suatu pesan yang secara grafis dikodekan oleh penulis. Di dalam proses ini, penulis melakukan pengkodean linguistik yang kemudian diuraikan oleh pembaca untuk mendapatkan pemahaman atau makna. Penulis mengkodekan pikiran ke dalam bahasa, pembaca menafsirkan kode tersebut menjadi pikiran dan makna. Dengan demikian dalam membaca terjadi interaksi antara bahasa dan pikiran.
Membaca merupakan kegiatan mengkonstruk makna. Melalui membaca, pembaca merekonstruksi pesan yang disampaikan penulis dalam teks. Berkenaan dengan itu, Rosenblatt berpendapat bahwa membaca merupakan proses transaksional. Proses membaca meliputi sejumlah langkah selama pembaca mengkonstruk makna melalui interaksinya dengan teks atau bahan bacaan. Makna dihasilkan melalui proses transaksional ini. Dengan demikian, makna tidak semata-mata terletak pada teks atau pembaca saja.
Membaca terdiri atas serangkaian respon yang kompleks, di antaranya mencakup respon kognisi, sikap, dan manipulatif. Membaca dapat dibagi dalam berbagai subketrampilan, meliputi: sensori, persepsi, sekuensi, pengalaman, berpikir, belajar, asosiasi, afektif dan konstruktif. Aktivitas membaca dapat terjadi jika berbagai subketrampilan tersebut dilakukan secara bersama dalam keseluruhan yang terpadu. Syafi’ie juga menyatakan bahwa membaca pada hakikatnya adalah suatu proses yang bersifat fisik dan psikologi. Proses yang bersifat fisik atau proses mekanis berupa kegiatan mengamati tulisan secara visual. Sementara itu, proses psikologis merupakan kegiatan berpikir dalam mengolah informasi.
Dari definisi di atas dapat disimpulkan bahwa membaca pada hakikatnya merupakan proses membangun makna dari pesan yang disampaikan melalui simbol-simbol tulisan. Dalam proses tersebut, pembaca mengintegrasikan atau mengaitkan antara informasi, pesan dalam tulisan dengan pengetahuan atau pengalaman yang telah dimiliki (skemata) pembaca. Dalam proses membaca, pembaca menggunakan berbagai ketrampilan meliputi ketrampilan fisik dan mental.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes